Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi erorr 403 saat download di playstore

 yang paling aneh mungkin saat kita download aplikasi di Google Play, saat menggunakan simcard (Koneksi Operator selluler) masalah Eror 403 muncul, tapi saat menggunakan koneksi Wifii lancar.

Ini ada beberapa solusi yang mungkin bisa untuk mengatasi Eror 403 :
:: Clear Cache Google Play
Cara clear cache Google Play :  Masuk Setting/Pengaturan (1) > Pada menu device pilih Apps (2) >>  pilih Gogle Play Store (3) >> Cari tombol Clear Cache (4) tekan dan OK, beberapa pengguna Android juga sering Clear Data. Bisa liat gambar dibawah ini :


Cara Clear Cache Google Play
Clear Cache Google Play - Tahap 1 dan 2


Clear Cache Android Google Play
Clear Cache Google Play - Tahap 1 dan 2

Setelah itu restart/matikan gadgetnya, setelah itu hidupkan kembali dan coba akses Google Play



:: Mengkosongkan/Clear Proxy
Untuk clear proxy kalian masuk dahulu di Pengaturan/setting (1) > pada menu Wireless & Networks, pilih More (2) > lalu pilih Mobile Networks (3) > pilih APN /Access Point Name (4) > lalu pilih Operator yang digunakan untuk akses data internet, disini saya memakai Dual Sim jadi ada 2 pilihan, kebetulan saya pakai Three (5) > Nah setelah diklik akan muncul settingan internet operator (GPRS) yang bersangkutan, klik dan tahan agar lama dikit (6) > Nah akan muncul konfigurasi koneksi, cari saja Proxy lalu kosongkan/note yet (7). Selesai deh Clear Proxy pada Android, back/save. 
Bisa liat gambar dibawah ini :


Clear Proxy pada Android - Tahap 1 dan 2
Clear Proxy pada Android - Tahap 1 dan 2
  

Clear Proxy Android
Clear Proxy pada Android - Tahap 2 dan 3
  

Clear Proxy pada Android
Clear Proxy pada Android - Tahap 5, 6, dan 7

Setelah selesai coba akses Google Play. Beberapa yang mengalami eror 403 koneksi (download Aplikasi di Google Play Gagal) langkah ini bisa mengatasinya.



:: Ganti Akun Gmail/Google Play

Cara lain yang juga bisa berguna adalah dengan mengganti account Google yang digunakan untuk  mengakses Google Play. Caranya dengan menambahkan account Google baru melalui manajemen account. Setelah itu buka Google Play, lalu pilih menu Account kemudian ganti dengan account yang baru . Untuk menambahkan account baru pada perangkat yang digunakan, anda harus sign up ke Google dan membuat account baru



:Downgrade Google Play ke Android Market
Masuk ke menu Apps > Manage Applications > GooglePlay > Uninstall Updates lalu restart/matikan gadget lalu nyalakan kembali



Nah mungkin ini dulu yang bisa saya share, semoga bagi sobat-sobat yang mengalami masalah ini bisa berguna dan bisa mempermudah dalam memperkaya aplikasi Android.


Cara-cara diatas saya test menggunakan Lenovo s560 denga OS Android 4.0 (Ice Cream Sandwich), buat yang menggunakan OS Android 2.3 ( GINGERBREAD ) mungkin ada beberapa nama menu yang berbeda tapi intinya sama. So jangan menyerah ya 

Post a Comment for "Mengatasi erorr 403 saat download di playstore "